konstruksi beton 1

Posted: January 20, 2011 in My Story

Sebenernya saatnya gak tepat buat posting blog, berhubung males dan lainnya, tapi demi melanjutkan resolusi saya, saya ma uterus menulis, khusunya pelajaran, sehingga blog lebih bermutu nih.

Oke, seperti janji saya, saya akan bahas pelajaran saya hari ini, yakni konstruksi beton. Yah

 

, pelajaran ini, saya sudah dapat dasar dasarnya sih, udah ikut praktikum beton (dan berawal cerita, sebuah beton manis yang bernama jennifer, yang memiliki kuat tekan 0) dan udah belajar mekanika rekayasa yang diajar oleh dosen legendaris universitas Indonesia, meskipun nilai jelek saat diajar, tapi sedikitnya ada yang menempel di kepala saya  :) . yah, konstruksi beton, seperti yang diketahui, konstruksi beton ialah konstruksi konstruksi yang menggunakan bahan dasar beton, yups, menggunakan bahan ajaib yang telah ditemukan, dengan perpaduan agregat, air dan semen.

Pas masuk kampus saya sedikit terlambat, dosen bilang ,akan masuk jam 1 siang, saya sudah planning dari rumah, kalo saya masuk kelas jam 1 kurang 15 menit, dan tiba tiba, si ibu dosen terhormat udah duduk manis di bangku dosen, sehingga saya sah terlambat.

Yang diberikan saat saya duduk adalah “………..menggunakan dinding geser yah”

Yah, jadinya sekarang kita bahas tentang dinding geser yah, shearwall, itu merupakan dinding yang dibuat guna menahan beban gempa pada struktur tententu, makanya rumah yang bagus kalo ada dinding gesernya, sehingga terhidar pada keruntuhan total kalo ada gempa, setidaknya pas gempanya rumah masih aman, yah mungkin kalo udah takdir tuh orang kudu mati tapi tuh orang masih di rumah yang ada dinding gesernya mah bakal ada tsunaminya. kalo masih selamet juga, paling ada meteor gitu jatoh ato apa gitu.

Nah, struktur gedung tuh, dibagi atas beberapa elemen, kurang lebih begini

  1. Pelat lantai Yang merupakan struktur yang kaku, yang merupakan pembentuk permukaan, yah, kalo bahas katronya mah ubin, bahasa lebih modern dikit lantai, apapun lah namanya, pokoknya dia itu punya tugas memikul beban sebagai lentur.
  2. Balok Yah, balok, yang merupakan elemen berbentuk horizontal, biasanya tuh buat tumpuan pelat lantai dan penyalur beban ke kolom yang menumpu si balok itu.
  3. kolom merupakan elemen verkital pada struktur yang berfungsi untuk Dia tuh elemen yang guna nya tuh buat tumpuan pelat lantai dan penyalur beban kolom diatasnya, jadinya meskipun si kolom ini kagak terlalu penting, tapi bangunan gak bakal bisa berdiri dengan baik dan benar, kalo kagak ada yang namanya kolom ini, bangunan gak bakal bisa berdiri, dan andaikata berdiri pun bakal metot metot dah tuh bangunan.
  4. dinding ,Dinding merupakan elemen yang cukup penting, bayangkan kalo gedung kagak ada yang namanya dinding, yang bahasa gaulnya itu tembok. Tapi nih tembok, dibagi jadi 2, yang pertama ntuh dinding yang menerima beban, yang kedua itu, yang kagak menerima beban, kalo yang nerima beban, dia tuh, karibnya si balok, yang membantu kinerja si balok itu, kalo si dinding non struktur yang kagak mempengaruhi si gedung, bisa dibilang musuhan sama si balok, dan Cuma nyusahin si kolom doang, tapi demi nilai estetika tuh diperlukan.

Nah, kalo ada awal, ada akhir, kalo ada atas, yah bakal ada struktur bawah.

  1. Pile cap Diantaranya tuh si pile cap , dia tuh merupakan elemen struktur yang menyatukan satu atau beberapa pondasi taing terhadap kolom atau elemen lain diatasnya.Diatuh buat mendistribusikan beban kebalok dulu, baru ke kolom dah, sehingga, dengan kata lain, dia tuh menstabilkan bebannya,
  2. Pondasi tiang , itu tuh elemen vertikal yang punya fungsi tuh nerusin beban beban struktur atas ke lapisan tanah dibawahnya.

Dalam pembuatan gedung gedung ini  tuh, ada standar standarnya, banyak  banget, yang telah ditetapkan didalam kitab yang bernama SNI, dan ini mengatur seluruh bahan, dan sistematika didalam pembangunan, ada juga, PPIUG di tahun 1987

Ada sni taon 2002 an, nomornya SNI 03-1726-2002 buat bangunan gempa ama SNI 03-2847-2002  untuk beton yang digunakan buat bangunan gedung,

Sekarang di fokuskan ke beton yah.

Semen itu adalah perpaduan solid antara semen, agregat kasar yang pada umumnya berbentuk kerikil, agregat halus, yang biasanya disebut pasir, juga yang gak kalah penting tuh air, yah, meskipun pas udah beku tuh aer ga ada lagi, tapi dalam pembuatan, aer tuh sangat diperlukan, sama bahan bahan laennya, akyak sp ato apalah namanya, pokonya bahan banan laen selaen disebutkan diatas itu.

Beton memiliki pembagian, antaranya, beton bertulang , nih beton punye kekuatan tingi, dan kuat tarik rendah, yang hanya sebesar 9-15 % dari kuat tekannya. Yang kedua itu baja tulangan, ini memiliki kekuatan tarik yang tinggi tapi memiliki kekuatan tekan rendah.

Nah kini dibahas atu2 bahan bahan dari suatu beton

Semen tu, terdiri atas bahan dasarnya tuh batu kapur, tapi diampur campur zat zat laennya, kayak silikat & lime, yang dicampur terus dibakar, nasib malang masih menyertai si batu kapur dan kawan kawan, demi terbentuknya si semen, si batu kapur tuh, masih disiksa, dan dicincang cincang sampe menjadi butiran segede debu yang diberi nama semen,semen juga dibagi atas beberapa kelas,

Kelas A ini yang paling cupu, punya kekuatan awalnya Cuma normal. Beda sama senior seniornya, yang dikelas b, memiliki kekuatan awal yang tinngi, tapi masih kalah sama kelas c, yang mempunyai kekuatan awal yang sangat sangat tinggi, bisa dibilang super tuh. Reaksi yang terjadi antara aer sama semen tuh sangat cepat, kalo udah kecampur, si semen itu bakalan beku sepecat mungkin, tapi kudu ada gips yang dapat bertugas memperlambat reaksi tersebut, sehingga beton itu bisa diangkut ama dikerjakan sebelum ada reaksi pengikatan itu, kecepatan itu dipengaruhi oleh kehalusan semen, faktor aer semen ama temperature udaranya.

Yang kedua itu adalah agregat beton, dia tuh dapat menempati 75% isi total dari tuh beton, jadi mau gak mau, itu bakal mempengaruhi sifat tuh beton, pasirnya tuh kudu kagak ada humus ama lumpur. Makanya saat praktikum, kudu ada pencucian beton dulu.

Terus ada air, pokoknya aer yang bagus buat beton tuh, adalah aer yang bisa diminum. Jadi kalo civil engineer sejati kudu minum tuh aer sebelum campurin ke beton.

Sama ada campuran campuran admixture dan sebagainya yang punya variasi fungsi buat membantu tuh beton.

Sebenernya b anyak itungan di beton ini, tapi berhubung saya elum 100 % makanya belum ditulis, takut dikira sok tau ato sebagainya.

Oke, posting hari ini, cukup segini ajah, harap komen yuah. Oke!

Yah, melanjutkan resolusi saya tahun ini, yakni dengan sepenuh hati mengisi blog, berharap beberapa pembaca nyasar, berkenang baca blog ini, atau bahkan nge bookmark nih page,terus simpen di flash disk, terus kasih tau orang tua masing masing sambil bilang,”ma, liat ma, tadi aku diwarnet ngeliat blog yang bikin orangnya ganteng loh ma, aku gak nyangka bisa ketemu blog orang tampan kayak si Jiant itu.”

macet

Oke, saya sebagai mahasiswa teknik sipi ini mencoba menulis materi yang saya dapatkan paginya, dan menuliskannya kembali di malam hari dalam bentuk blog, bla bla bla, terlalu banyak basa basi, oke to the point, saya belajar mata kuliah baru, yakni Perencanaan Geometrik Jalan.

Cukup menarik,(kalo kagak liat tugas besarnya… ampun ojan dah tugas akhirnya, begini ceritanya, si ibu masuk dengan gaya meyakinkan, dan dia membawa buku laporan yang setebel skripsi dan berisikan grafik grafik yang belum jelas apa maksudnya, dan berkata “yah, tugas besarnya buat laporan ini, yakni tentang alignment horizontal , diberikan pada minggu ke 2, yakni minggu depan, dikerjakan pada minggu ke 3, dan minggu ke 4, serta dikumpulkan pada minggu ke 5, dan ibu beri ujian pada minggu ke 6, asistensi dilakukan pada kakak kelas yah, namanya ####* dan ##### * yah (*nama saya samarkan demi faktor privasi dan segala tindakan keprivasian)” AJEGILE…. MAU JADI APA DUNIA PERSUNATAN INI? Disamping dosen saya yang kompeten dibidang teknik sipil dan geometrik jalan pada khususnya, dosen saya kali ini mempunyai visi dan misi yang kuat dan tertata rapi , bahkan beliau mampu memperkirakan semua kemungkinan yang akan terjadi, dan menurut saya itu merupakan semi ramalan dan penerawangan.

Oke kita mulai, mata kuliah ini merupakan lanjutan dari “teknik lalu lintas” yang telah didapatkan pada semester 4 lalu, nah kini materinya lebih ekstrim menurut saya, kan kita udah tau sistematika jalannya di semester yang lalu, tapi sekarang setelah level up, sisi dari geometikan jalan itulah yang akan dipelajari saat ini. Yah, sedikit lebih rumit lah,

Nah dalam pelajaran ini, membutuhkan beberapa bantuan, kalo misalkan game who wants to be million ers, yang kudu pake pilihan bantuan, dalam pelajaran ini membutuhkan alat bantu berupa buku, yah, buku berjudul “Dasar- Dasar Perencanaan Geometrik Jalan” oleh silvia sukirman, dan buku “ perencanaan teknik jalan raya” oleh skirlay* (*maap kalo ada kesalahan tulis)

Perencanaan geometrik jalan, mempunyai tujuan neh, yakni menghasilkan infrastruktur yang aman(yah, kalo point ini dapat langsung dimengerti, kalo gak pake geometrik yang tertata dan teratur jalan raya pasti udah kayak trek nya tamiya :) )yang kedua, efisiensi pelayanan lalu lintas (yups that’s right baby, dalam tahap perencanaan, kita harus mengutamakan efisiensi, sehingga apa yang kita rencanakan dapat digunakan dan dimamfaatkan semaksimal mungkin, dan fungsi dari jalan itu adalah alat pelayanan masyarakat dari pajak yang dibayarkan (kecuali jalan tol) yah, kunci dari kedua hal tersebut… efisiensi  dalam pelayanan lalu lintas! ) Nah, yang ketiga itu memaksimalkan rasio tingkat penggunaan biaya pelaksanaan, yah dalam tenik sipil ujung ujung nya mah duit duit keneh, yah, seorang insinyur sipil harus punya trik khusus, meraup keuntungan sebesar besarnya dan menggunakan modal infestaasi proyek seminim minimnya.  Jadi di point yang ketiga ini dibutuhkan pemaksimalannya rasio tingkat penggunaan dan biaya pelaksanaannya….

Ada beberapa elemen dalam perencanaan geometrik jalan:

  1. Penampang melintang jalan yang berupa bagian jalan (yang terdiri juga dari trotoar lah, median jalan lah, bahu jalan, dll dah)
  2. Alignment horizontal/ trase itu buat perencaan sumbu jalan, ini diperlukan untuk mengetahui belokan dan kelandaian, sehingga dapat hitung timbunan dan lain sebagainya, kita juga bakal tau dah jalan itu belok kanan, belok kiri ato lurus terus)
  3. Alignment vertikal yakni penampang memanjang jalan.yah kita bisa tau kelandaian dari penampang melintang jalan, kita bisa lihat jalan tuh bakal tanjakan, yang mendaki suatu lereng ato bukit, ato juga ada turunan, ato ada jurang gitu, pokoknya kita liat jalan, kayak game Mario bros, yang ngeliat si marionya naek gunung, kecemplung kejurang, nah, itu sama halnya jalan, sehingga ada efisiensi didalam perencanaannya.

nah kini kita dalamkan suatu bahasan materi, yakni:

Penampang melintang jalan

Merupakan bagian yang tegak lurus pada sumbu jalan, yang terdiri dari beberapa bagian, yakni:

Bagian langsung yang berhubungan dengan lalu lintas

Yah, bagian utama dari jalan, yang mempunyai hubungan sangat erat dengan semua sistem lalu lintas, kayak contohnya itu jalur, lajur dan laen sebagainya, lumayan banyak dah

Bagian langsung yang berhubungan dengan drainase

Yah, ini juga gak kalah penting, sistem drainase jalan juga harus diperhatikan, init uh contohnya saluran samping, kemiringan lereng tersebut, kemiringan bahu jalan, dan lain sebagainya, yah, kenapa kemiringan berhubungan dengan drainase? Itu karena biar aernya bisa ngalir, dan tuh aer kagak masuk ke permukaan agregat dari jalan, dan merusak jalan tersebut.

Bagian perlenkap jalan

Yah, namanya perlenkap, kalo ibaratnya nasi tumpeng, bagian perlengkapnya itu orang yang makan tuh tumpeng, ya ialah, kalo ga ada orang yang makan dan menikmati tuh tumpeng, si tumpeng kagak bisa disebut nasi tumpeng yang sempurna.sama, begitu juga si bagian perlenkap jalan,contohnya kayak pengaman tepi, kerep ato pemisah jalur, dll dah

Bagian konstruksi jalan

Daerah mamfaat jalan (DAMAJA) INGET, SINGKATAN INI BUKAN ( DAHAGA MAKSIAT REMAJA) :)

Kalo definisinya gak begitu jelas, tapi bisa dilihat di gambar dibawah yah. :)

Daerah milik jalan DAMIJA

Kalo definisinya gak begitu jelas, tapi bisa dilihat di gambar dibawah yah. :)

Kalo ga salah mah, seluruh daerah jalan , selaen si DAWASJA

Daerah pengawasan jalan DAWASJA

Yah, daerah diluar DAMIJA ATO SI DAMAJA yang digunakan Cuma buat mengawasi penggunaan jalan tersebut

PENAMPANG MELINTANG JALAN

Keterangannya itu

A=permukaan atas jalan, tempat segala kendaraan lewat (jalur lalu lintas)

B=Pohon, cuma iseng, gak berhubungan sama materi :) Eh, samping pohon yang garis itu, namanya talut yah…

C=Bahu jalan yang diberiakan perkerasan, nah kalo sisi sebelah kanannya jalan diatas kagak pake perkerasan

D=Lapis perkerasan jalan, biasanya campuran aspal

E=lapis pondasi bawah, yang menghubungkan konstruksi jalan dengan lapisan tanah dasar

F=Lapis pondasi atas

Sekarang muncul pertanyaan simple. Apa bedanya jalur dan lajur?

Jalur itu merupakan keseluruhan daerah perkerasan yang digunakan didalam lalu lintas, nah si lajur itu merupakan bagian dari jalur, yang digunakan untuk serangkaian kendaraan melintas, garis besarnya tuh lajur merupakan bagian dari jalur, kalo sistematikanya tuh sama ajah kayak belie s bon bon, itu loh es yang bisa dibagi dua, nah, keseluruhan es tersebut dikasih dikasih nama jalur, dan lajur itu potongan es bon bon itu yang dibagi bagi.

Terus, apa yang mempengaruhi lebar suatu jalan untuk lalu lintas?

Yang jelas lebar kendaraan nya lah. Coba kalo liat jalan buat sepeda, saya yakin di Negara apapun dan planet apapun di tata surya ini, jalan buat sepeda pasti lebih kecil dari jalan buat truk ato sejenisnya, dan lapangan terbang bakal lebih gede lagi, karena buat pesawat take off ato mendarat, dan ukuran pesawat lebih gede dari sepeda. Yang kedua itu lebar ruang kebebasan jalannya, normalnya mah lebar jalan ntuh 1,5 m sampe 1,7 m tapi kalo jasa marga tuh jalannya biasanya 1,7 m sampe 2,5 m

Apa juga yang mempengaruhi banyaknya jalur?

Yah, volume kendaraan yang berpengaruh besar kali ini,

Ya ia lah,kalo jalan deket kuburan, setiap hari kagak ada kendaraan yang lewat, orang jalan kaki ajah jarang, lebih sering kucing, buat apa tuh jalan di banyakin jumlah jalurnya, toh satu jalur ajah udah lebih dari cukup. Mending lebih efektif kalo di jalan macet terus, kayak di jalan raya bogor tuh, di sekitar  cilangkap yang kalo pagi pagi selalu macet, di deket simpangan depok,(tapi kalo di sipok mah gara gara lampu merah macetnya sih)

Kalo ngeliat jalan anda piker itu rata apa kagak sih?

Sebenernya sih kagak loh, dia sedikit miring, dengan alas an yang sangat manusiawi, yakni biar cepet kering coba, yah, kemiringan itu berkisar 2% sampe 4% kalo pake aspal, tapi kalo jalan tersebut kagak make aspal, itu lebih berat, kemiringannya harus berkisaran 5% tuh..

Bahu jalan, tempat alternatif yang paling teralternatif (bingung kan?)

Yah, seperti yang dibilang diatas, bahu jalan tuh, umumnya buat parker, pedahal tuh fungsi utama nya itu buat situasi darurat, mobil mogok, ada kecelakaan, ada mobil patrol yang lewat, dan kalo ada kerusakan jalan, yah taro alat alat beratnya di bahu jalan,

Bahu jalan punya 2 tipe khusus neh, yang pertama dengan perkerasan(aspal) ini untuk jalan yang sering dipake, gak kayak tadi yang Cuma kucing yang lewat, ini contohnya jalan tol tuh, jadinya menambah kecepatan air mengalirnya, dan tidak merusak permukaan aspal, satu lagi tu kalo tanpa perkerasan, ini buat jalan yang Cuma dilewatin kucing garong yang tadi, sampe jalan yang gak terlalu rame dah, kayak jalan kalo naek d11 itu kan kalo mau ke pal, belok ke kanan, sampe nembus nembus kepasar pal (tahukah anda pal itu singkatan apa?  Karena saya telah memecahkan teka teki ini, yakni pal singkatan dari PALsigunung loh) kan lewat jalan yang bahunya Cuma tanah yang tak ada perkerasan, bahkan Cuma ada sampahnya, tapi itulah bahu jalan tipe ke 2 ini.

Nah, berhubung udah jam 10 neh. Udah ngantuk juga, besok ada kuliah lagi,

Jadinya segini ajah yah posting saya hari ini, semoga bermamfaat yah, kalo berkenang komen yah, pelajaran perencanaan geometrik jalan minggu depan bakal bahas parameter perencanaan geometric jalan,oke terima kasih atas kunjungannya yah! See you tomorrow , saya bakal bahas tentang konstruksi beton deh, oke!

(((((info)))))

berhubung waktu tanggal 18 januari malem tuh, koneksi parah bgt, buka google ajah 10 menit, makanya posting ini agak terlambat, baru jem 8 pagi tanggal 19 januari di post.

oke dah, cukup info gak penting ini.makasih atas kesediaaannya baca ini. semoga bermamfaat

Yah, masih lanjutan dari TPDP yang tadi, guna menambah banyak artikel. Jadinya saya panjang panjangin, kini saya mau bahas tentang karya tulis populer.

Masih inget jamannya ada majalah populer.(taon berapa yah) jamannya saya tk ato sd, majalah itu lebih sering saya baca, bahkan lebih sering baca majalah populer itu dibandingin dengan buku buku laen termasuk buku pelajaran.

Yah, jaman saya kecil, ayah saya tuh koleksi majalahnya, majalah misteri, populer , dan beberapa majalah laen.

Nah majalah populer itu merupakan satu satunya majalah yang saya dapat pahami  selaen bobo dan majalah fantasy.hehehe… baru inget ternyata saya itu mesum dari kecil.

Yah, tapi pelajaran yang dapat dipetik ialah menyambung dengan karya tulis populer, dan majalah populer. Mendapatkan suatu arti kesinambungan.

Mengapa namanya karya ilmiah populer?

Why? How?

Yah, kita bahas dari arti kata populer itu sediri, apakah populer? Yah, populer itu adalah famous, dan diketahui oleh seluruh orang banyak. Yah seperti contohnya…

lampard

frank lampard, Tanya anak kampung yang lagi lewat (dengan syarat pake baju Chelsea, kalo ada anak kampung pake baju MU, lebih baik tuh anak karungin ajah, terus lempari ke kali) coba tanya anak tersebut: “ de de… mau ikut sama om kagak? Ntar om kasih duit”… eh salah…(harap contoh yang salah ini, tidak dilakukan dikehidupan nyata, kecuali anda bercita cita jadi generasi penerus robot godek) coba Tanya ke anak itu “ de, kamu kenal om lampard kagak?” pasti dia bales dengan dengan riang “ iya dong kak, kenal, dia idolaku,gak kayak si berbatov yang alay, saya mah ga kenal tuh, kalo lampard mah kenal kak. Hidup Chelsea dah kak!!!” (kalo ada bocah kayak gitu beneran, gw jadiin anak angkat dah tuh bocah J), yah,kembali ke topik. :)

Populer: diketahui oleh orang banyak, siapa yang tak tahu.kayak contoh kongkretnya mungkin si Obama yah, semua orang all around the world udah tau siapa beliau. Jadi dapat saya simpulkan dia itu populer. Nah yang ga populer siapa, contohnya momon, anda tau siapa momon? Kalo anda Tanya lulusan ke 33 sman1 cibinong, mungkin sebagian besar kenal sama momon, kalo anda Tanya ke kelas sarmag 2009 a pasti semuanya tau siapa momon itu, coba taya siapa momon ke warga sekitar desa kamurang, citeureup  mungkin pada tau semua juga (jadi momon populer dong?), yah, bisa dibilang populer juga.

Karya ilmiah populer ialah:

Karya ilmiah yang ditulis secara populer. Wha? Yah. Populer, yang permasalahannya telah diketahui oleh orang banyak, dan dapat dimengerti oleh orang banyak.yang menggunakan ragam jurnalistik dan sastra, sistematika yang bebas, isi yang boleh tidak proposional, boleh ada subyektifitas dari penulis, (nah contohnya ada cwe cakep total,tapi negro, menurut gw itu kagak cakep, tapi untuk beberapa orang mungkin itu cakep buanget. Tapi karena selera gw tuh, cewe cakep, putih dan sedikit imut tetapi mandiri. Menurut gw tuh cewe negro itu, ga cakep, nah itulah subjektifitas penulis tersebut. Kayak contoh lebih gampangnya, saya kagak suka mie instan supermi yang gobang, tapi si Brandon, katanya abis ngedance dia pasti suka makan supermi gobang, menurut saya mie gobang itu kagak enak, tapi kata si Brandon, mie gobang itu enak banget, ada kriuk kriuknya lagi J )

Karya tulis populer mempunyai cirri cirri laen juga, yaitu tidak memerlukan kutipan dan daftar isi dan koloni koloninya, Cuma tulis, peduli kucing dah yang laen laennya, sering kali tulisan ini memberikan informasi dan sering kali juga bertujuan menghibur. Yah memberikan tulisan berupa berita gembira sebelah sisi, dan menutupi berita kurang mengenakkandi sisi lainnya,menggunakan istilah umum, gak perlu dah istilah teknis teknis, kayak kalo kerikil yah bilang kerikil, kagak usah sok teknis yang bilang itu split ato apa gitu,dengan tujuan dapat dimengerti oleh kalangan luas.

Bagian dari karangan ilmiah tuh sama  saja dengan karangan laennya, yakni

  1. Pengantar, Bla Bla Bla dah… yang menunjukan pengenalan suatu topic, gambaran singkat dari suatu permasalahan tersebut, dan menambah minat pembaca atas karangan kita.
  2. Uraian, yah, penulisan isi yang lebih mendalam, tapi diberi keterangan keterangan yang mendukung yang merupakan inti dari suatu karangan
  3. Penutup, penegasan kembali tujuan tulisan tersebut dan pembahasan, dan kesimpulan dari suatu karangan.

Udah ah, nulis gini terus saya jadi pusing.

Oke deh, yang penting nih blog dapat terisi lagi,

Mudah mudahan dapat terus berlangsung nulisnnya, saya sangat2 mengharapkan komen dari anda, oke, semoga dapat sedikit bermamfaat yah, oke!

Bless you all!

Yah, berhubung tahun yang baru, resolusi saya tahun ini, tercakup hal yang aneh, yakni, menghidupkan kembali blog orang tampan ini, yang sudah mati suri, dan target dari resolusi itu adalah anda, ya, anda, sebagai pembaca blog ini.

Yah, dibilang blog saya gak bermutu, saya punya ide yang lebih brilian (menurut saya) yakni menghadirkan materi kuliah saya didalam blog, jadi saya dapat 2 hal, yang pertama belajar, yang kedua itu isi blog, (ide ini saya ambil dari teman sebangku saya di kampus, yakni bagus prahutdi, yang blognya memuat pelajaran jurnal, dll ( blog dia ada di blog roll saya, kalo anda merasa masih belum ‘kurang beruntung’ sehingga tiba di blog ini, silakan mengunjungi blog sahabat saya itu juga), ga kayak blog saya.. jadi demi memperlengkap blog ini, dan memperbanyak mahluk kurang beruntung yang kesasar kesini (anda) )

 

Oke kita mulai, hari ini 17 agustus 2011.

Mata kuliah TPDP (Teknik Penulisan dan Presentasi) bukannya Takut Pocong dan Penampakan

Yah, saya berkuliah dibidang teknik sipil. Yang sebenarnya darah sastra pujangga lebih deras mengalir dibandingkan dengan darah kuli teknik sipil, kakek saya yang dosen bahasa dan  Ibu saya baru baru ini  telah ditemukan buku puisi nya waktu jaman emak saya gadis, buset dah , perlu diakui kalo puisi dia lumayan bagus, yah, setidaknya untuk 25 tahun yang lalu mah. Jaman nya emak saya jadi perawan perawan labil. :)

Ya, pada intinya, cukup menarik untuk dibahas mata kuliah saya yang pertama diawal semester 5 ini.

(Kalo binggung kenapa saya semester 5 sekarang ini. Baca di about me, pokoknya alasannya bukan ambil semester pendek ato gak lulus suatu semester(amit2))

Mulai serius lagi. Ada pertanyaan jelas yang timbul sekarang. Mengapa seorang Civil engineer perlu mempelajari TPDP?

Yah, jelas lah, segala manusia dibidang apapun, kudu, musti, harus dapat menyampaikan apa yang ada dipikirannya, guna memberitahukan seberapa besarkah kemampuan seseorang tersebut. Nah kalo orang pinter setengah mampus, dengan kemampuan lebih dari Einstein pun, dia harus dapat memberikan pengetahuannya tersebut kepada dunia luar, baik berbentuk tulisan maupun ulasan verbal.

Yah, kurang lebih begitu. Terserah bahasa anda sendiri. Yah seperti hal nya mawar, apapun anda menyebutnya pastilah masih tetap harum mewangi (@l4y y@h?)

Didalam membuat sebuah tulisan ada hal penting didalamnya, yakni pendahuluan, isi, dan kesimpulan.

Oke, ini beberapa istilah didalam beberapa bentuk tulisan, dari kagak penting sampe sedikit penting.

Istilah ini dari kamus Jiant-Indonesia kalo ada yang salah ato kurang tepat ato punya asumsi ato inception laen silahkan komen, shg saya bisa perbaiki yah.

Yah, istilahnya antara lain:

  1. Cerpen:  sebuah karya tulis yang berbentuk suatu alur cerita yang memiliki besar karangan kurang dari 10.000 kata di tiap tiap judulnya, dan dapat diselesaikan dengan sekali duduk.
  2. Karangan:  suatu bentuk karya tulis yang berbentuk tulisan bebas yang pada umumnya bersifat imajinatif dan berupa fiktif.(inilah cikal bakal, kalo ada anak kampung yang merasa diboongin ama temennya pasti bilang “ah… ngarang luh!”, nah kita sebagai orang kota yang modern harusnya jangan bilang itu lagi, tapi bilangnya “hai, kata kata yang keluar dari mulut atas pergerakan di diafragma dan bantuan dari lidahmu itu, ibaratnya suatu karya tulis ialah berbentuk karangan, yang hanya berupa karya fiktif dan tidak dapat dibuktikan kebenarannya, dan saya harap tidak diulangi kembali yah, berkatalah kebenaran jikalau kita bertemu kembali suatu saat kelak” saya jamin bisa bisa engkau dikeroyok ama anak kampung yang tadi J )
  3. Ulasan/rubric:   suatu bentuk karya tulis yang membahas suatu topik tertentu yang disertakan dengan bukti bukti kongkret didalam tulisan sambil digaris besarkan penilaian dari penulis ulasan tersebut. (kalo saya disuruh buat ulasan, saya akan ulas masalah ariel peterpan, yang menurut saya beliau itu korban, bla bla bla, dan pornografi itu harus di pelajari, bukan dinikmati.!!!! (tapi yg paling asyik itu mempelajari sambil menikmati)hehe)
  4. Jurnal: nah, ini lebih level up nih, jurnal ini salah satu jenis karya tulis ilmiah. Yang dibuat untuk memberikan informasi berupa fakta dengan bukti bukti yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
  5. Paper: satu level dibawah jurnal, paper juga sama kayak jurnal tapi ditulis lebih singkat, dan pada umumnya tuh terdiri hanya dari beberapa lembar saja.dan mengulas suatu permasalahan umum. (sebenernya si binggung, nih, kalo jurnal ka nada yang Cuma beberapa lembar ajah, kok itu namanya jurnal buka paper?? Kalo ada yg bisa jawab tolong komen yah)
  6. Skripsi:  sebuah laporan karya tulis yang dibuat berdasarkan penangamatan atau penelitian yang dibuat guna melengkapi salah satu syarat kelulusan di jenjang s1.
  7. Tesis: sebuah laporan karya tulis yang dibuat berdasarkan penangamatan atau penelitian sebuat metode yang dibuat guna melengkapi salah satu syarat kelulusan di jenjang s2.
  8. Desertasi: sebuah laporan karya tulis yang dibuat berdasarkan penemuan atau penelitian tingkat lanjut atas sebuah metode dan penemuan suatu cara tertentu yang dibuat guna melengkapi salah satu syarat kelulusan di jenjang s3.

 

Nah, demi memperbanyak konten di blog saya yang tercinta ini,saya buat lanjutannya di posting yang berbeda yah,yah di part 2 nya oke, terima kasih perhatiannya yah, saya mengharapkan komen anda loh, komen yah…

Bless you….

tips mencegah pornografi

Posted: September 5, 2010 in My Theory

Pornografi.. hal ini bisa saya temukan setiap hari, meskipun katanya sudah dikurangi atau larang oleh pemerintah, berbekal 1 laptop atau pc dan koneksi internet, saya yang alumni pornlovers dapat menemukan materi materi pornografi dalam waktu 10 detik.

bisa dibilang ini sudah makanan sehari hari laki laki yang berumur belasan tahun sampai dewasa, saya pun telah terjebak dalam hal ini (dulu) yah sekarang mah udah kagak… berhubung metode saya saya rasa sedikit berhasil, saya mau sharing sharing dikit lah, bukan maksud sok suci atau sok berpengalaman, saya hanya mau berbagi dengan anda yang nyasar di blog saya. atau jangan jangan anda cari di tante google dengan keyword pornografi eh

malah nyasar ke blog ini… emang sih kalo saya gak berubah saat dulu, mungkin isi blog ini, juga gambar gambar miyabi ato mijombie ato apalah, intinya hal hal yang menakutkan,. tapi berhubung saya sudah sedikit tersadar, saya mau share.. oke… kita mulai kiat kiatnya untuk mencegah hal ini semakin dalam menggerogoti pikiran anda…

1. hindari, maka kau tak akan menemui.

langkah pertama yang dilakukan adalah, tidak mencari media media hal terkait dengan hal hal berbau porn. ini hal yang cukup sulit, seperti contohnya saya. waktu dulu mau tobat, saya kan udah apus dari laptop tuh.. tetapi masih punya back up di cd.nah..ini lah masalahnya, beberapa waktu kemudian, pikiran saya memerintahkan untuk melihat hal itu lagi,lagi dan lagi, sehingga, niat saya saat itu kendor lagi… yah saya nonton lagi :) , ini berlangsung beberapa kali, sampai akhirnya saya dengan keberanian, mematahkan cd bejat tersebut. dan media yang berbahaya juga adalahinternet, awasi diri anda sendiri untuk tidak membuka situs situs nakal dan kotor itu… meding buka situs yang berpendidikan atau malah buat blog, seperti yang saya kerjakan sekarang, dan kuncinya, hindari, maka kau tak akan menemukan.. oke.. kalo udah kita ketahap berikutnya

2. lakukan dengan iman kepada Tuhan YME

ini bisa dibilang penting, nomor 1 cuma teori, tapi yang ini sedikit lebih serius, inget lakukan itu tuh dosa, dan ga ada mamfaat lewat itu. bukannya dengan maksud apa apa, saya mengambil kutipan Alkitab, mungkin ada disemua kitap suci lain yang mengatakan kita untuk menjauhi pornografi,berhubung yang sudah saya baca itu adalah Alkitab, dan saya menemukan kata kata yang menyadarkan saya, yakni,”Kamu telah mendengar firman: Janganlah berzinah. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia didalam hatinya .Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa,daripada tubuhmu yang utuh dicampakkan ke dalam neraka, dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau , penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu yang utuh masuk neraka ” (mat 5:27-30) dari sinilah muncul semangat pertobatan saya yang pertama,saya kebetulan atau apa itu, pas siangnya saya nonton yang aneh aneh,.. pas malemnya malah baca Alkitab berisi ayat kayak gini ,  yah… berusaha tobat lah saya.pada intinya

3.  motivasi dirilah, sebab orang lain tidak ada mamfaatnya dalam masalah anda kali ini.

gak mungkin kan anda curhat ke orang tua masalah kayak gini, jadi mau tak mau, harus menyelesaikan dengan usaha anda sendiri oleh sebab itu melihat posting saya pun merupakan bentuk usaha anda dalam mengatasi permasalahan ini, coba anda pikirkan , apasih yang sesungguhnya ingin anda lihat? anda tau bentuk tubuh laki laki, anda tau wujud bentuk wanita, dan 99% orang didunia memiliki bentuk yang sama antara kedua itu, jadi, buat apa anda ;iat liat lagi? sabarlah menunggu kelak anda menikah, dan untuk saat ini, sel sel otak anda tidak perlu di isi oleh hal hal berbau sex atau pornografi.motivasilah diri anda sendiri, maka jalan terbuka lebar untuk perubahan anda.

setelah lepas apa yang akan anda rasakan?

yah saat ini saya dibilang bersih 100 % pun tidak tapi 90% saya sudah bersih dari hal hal seperti itu, menginggat kebodohan saya dimasa lalu, menghabiskan beberapa giga harddisk untuk film tak bermoral, tapi saya masih kerap kali menemukan hal hal berbau sedikit, di film luar negeri atau bahkan film tanah air yang semakin tak karuan,

tapi pemikiran saya telah berbeda, seperti hal nya saat menonton film watchmen, melihat adegan miss mercury sama super hero 1 lagi beradegan sedikit kacau, saya hanya berfikir, bagaimana ini syutingnya, apa dia tidak malu yah? gmn kalo keluarga nya liat, ndak kaya nonton film dengan pemikiran yang dulu, mungkin saya akan membayangkan, kalo adegan itu jadi lebih lama, pasti lebih seru, buktinya sekarang saya udah berubah, adegan kayak gitu pasti saya cepetin, ndak kayak dulu, pasti di slowmotion,hehhe

oke saya hanya sharing gtu ajah, mohon maaf atas segala kekurangan, harap komen yah…

pastikan saya juga akan komen di blog anda. :0

Misery Maroon 5

Posted: August 5, 2010 in My Theory

nah…. setelah lama saya tak menulis blog, saya ingin membuat blog saya aktif kembali,

salah satunya saya bercerita tentang lagu yang minimal saya putar 2 kali dalam sehari yakni… jupe belah duren…..

eh dah… itu mah dulu, sekarang saya selalu dengerin yang namanya lagu maroon 5 , emang saya udah ngefans ama band asal LA ini (apapun itu, singkatan dari LA bukannya lenteng agung, ga kebayang deh adam levine bilang I love you ! from me, and lenteng agung people! terus dia nyanyi pake baju I love lenteng agung,kalo enggak I love angkot 129…tapi yang bener itu los angeles) dari jaman album song about jane beredar, itu jamannya waktu smp gtu… belom jaman dah anak kecil buka youp**r.com ato nton video ariel di hape monokrom.

yah intinya mah udah lama lah…

emang video clipnya kurang mendidik kayak video klipnya yang this love ajah, anda bisa liat sendiri,, pokoknya kalo anak umur 3 ato 2 taon liat, di bakal bilang,”mama mama, aku pengen yang dipegang ama om itu mah,…. kayak kue bakpau loh mah….kalo gak salah, mama juga punya kok”

yag… album mereka dipastikan bakal keluar bulan september ini… melupakan video klip mereka.. saya menyukai lagi lagu mereka, dan lagu yang minimal saya dengarkan selama 2 kali sehari ini adalah single baru mereka, yang berjudul MISERY… yah dari awal lagu itu digosipkan bakal ada. saya udah surfing terus nyari nyari tuh lagu,.. yah sedikit kebanggaan, saya puter puter cari di internet dapet, bahkan liat di video clipnya official di youtube pun saya masih viewer yang seribuan dulu, kalo sekarang udah jutaan, dan saat di 4shared saya download pun masih unduhan ke seratusan, itu juga kayaknya unggahan yang pertama,jadi saya bukan orang yang ketinggalan banget lah gaulnya,hehhe

yah,,, lirik lagunya misery ini saya coba sistem emblem ke blog ini, berhasil apa kagak yah?

coba dulu dah.. oke?

Oh yeah
Oh yeahSo scared of breakin’ it, that you won’t let it bend,
And I wrote two hundred letters I will never send
Sometimes these cuts are so much deeper than they seem,
You’d rather cover up, I’d rather let them bleed
So let me be, and I’ll set you free

[CHORUS]
I am in misery
There ain’t nobody
who can comfort me [oh yeah]
Why won’t you answer me?
The silence is slowly killing me [oh yeah]
Girl, you really got me bad,
you really got me bad
And I’m gonna get you back,
I’m gonna get you back

Your salty skin and how
It mixes in with mine
The way it feels to be
Completely intertwined
It’s not that I didn’t care
It’s that I didn’t know
It’s not what I didn’t feel,
It’s what I didn’t show
So let me be
I’ll set you free

I am in misery
There ain’t nobody
who can comfort me [oh yeah]
Why won’t you answer me?
The silence is slowly killing me [oh yeah]
Girl, you really got me bad,
you really got me bad
And I’m gonna get you back,
I’m gonna get you back

You say your faith is shaken
You may be mistaken
You keep me wide awake and
Waiting for the sun
I’m desperate and confused
So far away from you
I’m getting there
I don’t care where I have to run

Why do you do what you do to me, yeah
Why won’t you answer me, answer me yeah
Why do you do what you do to me yeah
Why won’t you answer me, answer me yeah

I am in misery
There ain’t nobody
who can comfort me, oh yeah
Why won’t you answer me?
The silence is slowly killing me, oh yeah
Girl, you really got me bad,
you really got me bad
And I’m gonna get you back,
I’m gonna get you back

[Fading]
Girl, you really got me bad,
you really got me bad
And I’m gonna get you back,
I’m gonna get you back

mudah mudahan bisa deh

ok,…..coba dah download lagunya di 4shared, tapi saya merekomendasikanbiar beli cd originalnya ajah….

seperti saya contohnya, udah punya semua mp3 nya maroon 5, tapi tetep ajah beli kasetnya (dulu mah cd kagak kayak sekarang, lagian kaset kotak masih banyak yang jual.

sekarang.mah pake kaset kotak ato pake walkman ajah udah disangka kagak gaul…hehhe

ok, saya pikir tulis sekian dulu, saya berusaha agar bisa menulis terus setiap hari… mohon koment nya yah!

Asal mula nama saya

Posted: May 7, 2010 in My Story

Nama saya Jiant Vialy, detik ini berusia  18 tahun lebih 329 hari, lahir dari keluarga biasa biasa ajah, nothing special , nih ringkasan cerita 18 tahun 329 hari yang lalu,  malem malem tanggal 11 juni 1991, seorang ibu (muda, masak emak saya tua) . mulai mules mules, mau ngelahirin . tapi ditahan tahan karena gak mau ngelahirin dihari selasa, gak tau dah alesannya apaan, kagak gaul kale, kerenan lahir hari rabu, na saat itu juga ada pertandingan (gak tau piala apaan) Italia melawan tim X (karena udah lupa dan tak ada narasumber resmi lain, kita anggap saja tim sepak bola negara nudis, yang anggotanya tidak pake baju), berhubung alm bokap tuh hobbynya judi (saat itu sudah tobat dan berganti hobinya dengan tarohan ato maen togel) memasangkan tarohannya kepada tim Italia ( katanya jem 2 pagi tanggal 12 juni 1991 pertandingan sedang berlangsung) emak saya yang cantik tetapi kurang cerdas memilih suami ini bangun lagi, udeh gak kuat katanya. Dan italy lagi kalah, entah kalahnya berapa berapa,membuat alm bokap bilang tunggu entar lagi, yah karena saya lahir ajah udah tau diri, saya tungguin dah tuh pertandingan, nah seorang pemain bernama Giant Luca Viali membalikkan kedudukan.

thats people who make my name

(mungkin kaya D.Guiza kemaren ini waktu ngelawan afsel yah?) , nah pertandingan pun selesai diiringi sorak bokap yang menang tarohan dan nyokap yang mau ngelahirin dan saya yang mau keluar, nah kerumah sakit lah saat itu, saat itu, hari rebo, 12 juni 1991 lahirlah saya pagi pagi. Nah sekarang pusing nih kasih namanya.dari nama saya sekarang dapat dirumuskan

Nama pemaen bola itali jagoan alm bokap saya disingkat (NPBIJABG)

Giant Luca Vialli

Nama kakak saya,

Jessica Analy (Analy = Anak si Lily)

Rumus :

Nama (NPBIJABG) + Nama kakak Saya – Nama Lebih dari 2 kata – Huruf gak nyambung + Huruf yang disama samain = my name

Nah Kita Utak atik nama (NPBIJABG) nya Giant Luca Vialy, Ditambah nama kaka saya jadi Jgiant Luca Vialiy , dikurang nama lebih dari dua kata jadi Jgiant Vialiy nah huruf gak nyambung dihilangkan jadi giant Viali  jadi huruf yang disama samain adalah J dan Y. Maka nama ku yang sah adalah ”Jiant Vialy”

ini posting pertama saya di blog ini, terima kasih anda telah membaca! :)