Teknik Penulisan dan Presentasi 1 part 1

Posted: January 17, 2011 in My Study

Yah, berhubung tahun yang baru, resolusi saya tahun ini, tercakup hal yang aneh, yakni, menghidupkan kembali blog orang tampan ini, yang sudah mati suri, dan target dari resolusi itu adalah anda, ya, anda, sebagai pembaca blog ini.

Yah, dibilang blog saya gak bermutu, saya punya ide yang lebih brilian (menurut saya) yakni menghadirkan materi kuliah saya didalam blog, jadi saya dapat 2 hal, yang pertama belajar, yang kedua itu isi blog, (ide ini saya ambil dari teman sebangku saya di kampus, yakni bagus prahutdi, yang blognya memuat pelajaran jurnal, dll ( blog dia ada di blog roll saya, kalo anda merasa masih belum ‘kurang beruntung’ sehingga tiba di blog ini, silakan mengunjungi blog sahabat saya itu juga), ga kayak blog saya.. jadi demi memperlengkap blog ini, dan memperbanyak mahluk kurang beruntung yang kesasar kesini (anda) )

 

Oke kita mulai, hari ini 17 agustus 2011.

Mata kuliah TPDP (Teknik Penulisan dan Presentasi) bukannya Takut Pocong dan Penampakan

Yah, saya berkuliah dibidang teknik sipil. Yang sebenarnya darah sastra pujangga lebih deras mengalir dibandingkan dengan darah kuli teknik sipil, kakek saya yang dosen bahasa dan  Ibu saya baru baru ini  telah ditemukan buku puisi nya waktu jaman emak saya gadis, buset dah , perlu diakui kalo puisi dia lumayan bagus, yah, setidaknya untuk 25 tahun yang lalu mah. Jaman nya emak saya jadi perawan perawan labil.🙂

Ya, pada intinya, cukup menarik untuk dibahas mata kuliah saya yang pertama diawal semester 5 ini.

(Kalo binggung kenapa saya semester 5 sekarang ini. Baca di about me, pokoknya alasannya bukan ambil semester pendek ato gak lulus suatu semester(amit2))

Mulai serius lagi. Ada pertanyaan jelas yang timbul sekarang. Mengapa seorang Civil engineer perlu mempelajari TPDP?

Yah, jelas lah, segala manusia dibidang apapun, kudu, musti, harus dapat menyampaikan apa yang ada dipikirannya, guna memberitahukan seberapa besarkah kemampuan seseorang tersebut. Nah kalo orang pinter setengah mampus, dengan kemampuan lebih dari Einstein pun, dia harus dapat memberikan pengetahuannya tersebut kepada dunia luar, baik berbentuk tulisan maupun ulasan verbal.

Yah, kurang lebih begitu. Terserah bahasa anda sendiri. Yah seperti hal nya mawar, apapun anda menyebutnya pastilah masih tetap harum mewangi (@l4y y@h?)

Didalam membuat sebuah tulisan ada hal penting didalamnya, yakni pendahuluan, isi, dan kesimpulan.

Oke, ini beberapa istilah didalam beberapa bentuk tulisan, dari kagak penting sampe sedikit penting.

Istilah ini dari kamus Jiant-Indonesia kalo ada yang salah ato kurang tepat ato punya asumsi ato inception laen silahkan komen, shg saya bisa perbaiki yah.

Yah, istilahnya antara lain:

  1. Cerpen:  sebuah karya tulis yang berbentuk suatu alur cerita yang memiliki besar karangan kurang dari 10.000 kata di tiap tiap judulnya, dan dapat diselesaikan dengan sekali duduk.
  2. Karangan:  suatu bentuk karya tulis yang berbentuk tulisan bebas yang pada umumnya bersifat imajinatif dan berupa fiktif.(inilah cikal bakal, kalo ada anak kampung yang merasa diboongin ama temennya pasti bilang “ah… ngarang luh!”, nah kita sebagai orang kota yang modern harusnya jangan bilang itu lagi, tapi bilangnya “hai, kata kata yang keluar dari mulut atas pergerakan di diafragma dan bantuan dari lidahmu itu, ibaratnya suatu karya tulis ialah berbentuk karangan, yang hanya berupa karya fiktif dan tidak dapat dibuktikan kebenarannya, dan saya harap tidak diulangi kembali yah, berkatalah kebenaran jikalau kita bertemu kembali suatu saat kelak” saya jamin bisa bisa engkau dikeroyok ama anak kampung yang tadi J )
  3. Ulasan/rubric:   suatu bentuk karya tulis yang membahas suatu topik tertentu yang disertakan dengan bukti bukti kongkret didalam tulisan sambil digaris besarkan penilaian dari penulis ulasan tersebut. (kalo saya disuruh buat ulasan, saya akan ulas masalah ariel peterpan, yang menurut saya beliau itu korban, bla bla bla, dan pornografi itu harus di pelajari, bukan dinikmati.!!!! (tapi yg paling asyik itu mempelajari sambil menikmati)hehe)
  4. Jurnal: nah, ini lebih level up nih, jurnal ini salah satu jenis karya tulis ilmiah. Yang dibuat untuk memberikan informasi berupa fakta dengan bukti bukti yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
  5. Paper: satu level dibawah jurnal, paper juga sama kayak jurnal tapi ditulis lebih singkat, dan pada umumnya tuh terdiri hanya dari beberapa lembar saja.dan mengulas suatu permasalahan umum. (sebenernya si binggung, nih, kalo jurnal ka nada yang Cuma beberapa lembar ajah, kok itu namanya jurnal buka paper?? Kalo ada yg bisa jawab tolong komen yah)
  6. Skripsi:  sebuah laporan karya tulis yang dibuat berdasarkan penangamatan atau penelitian yang dibuat guna melengkapi salah satu syarat kelulusan di jenjang s1.
  7. Tesis: sebuah laporan karya tulis yang dibuat berdasarkan penangamatan atau penelitian sebuat metode yang dibuat guna melengkapi salah satu syarat kelulusan di jenjang s2.
  8. Desertasi: sebuah laporan karya tulis yang dibuat berdasarkan penemuan atau penelitian tingkat lanjut atas sebuah metode dan penemuan suatu cara tertentu yang dibuat guna melengkapi salah satu syarat kelulusan di jenjang s3.

 

Nah, demi memperbanyak konten di blog saya yang tercinta ini,saya buat lanjutannya di posting yang berbeda yah,yah di part 2 nya oke, terima kasih perhatiannya yah, saya mengharapkan komen anda loh, komen yah…

Bless you….

Comments
  1. Aji says:

    kak, saya mahasiwa sipil semester genap, mau tanya tentang standar penulisan ilmiah apa aja ya kak ?
    trims.

    • momonguk says:

      salam kenal aji, standar penulisan itu ialah standar yang dibuat suatu instansi atau perguruan tinggi, yang mengatur seluruh tata letak,dan lain sebagainya, banyak sekali untuk saya tuliskan, tapi yang terkenal itu ialah dari universitas havard dan juga onecovend*
      *maaf kalo EYDnya salah.
      terima kasih atas komentarnya,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s