Presentasi yang Baik dan Benar

Posted: February 28, 2011 in My Study

Kembali dalam upaya mengisi blog ini dengan kajian kajian yang bermutu, setelah lama absen, dan setelah saya membaca buku yang cukup menimbulkan rasa termotivasi mengisi blog kembali, saya mulai mengisi kembali blog saya. Meskipun rintangan yang menghadang, saya dituntut untuk konsisten mengisi blog saya,kali ini saya coba membahas tentang presentasi, yah, meskipun anda dari jurusan apapun dan dari fakultas manapun, anda akan dikaitkan dengan hal yang satu ini, yakni presentasi. Dulu saya memandang presentasi merupakan hal yang menyenangkan, sarana dimana saya bisa menunjukan hal hal yang saya sukai melalui background gambarnya,tapi itu dulu, waktu jaman SMA.

Bayangkan betapa tak nyambungnya saya dulu presentasi tentang kimia, kalo gak salah dulu tentang korosi dan kawan kawan dan, tetapi dengan cerdasnya saya menampilkan background nya adalah gambar resident evil coba, apa gak parah tuh? Dimana materinya membahas tentang sifat sifat korosi dulu, saya menampilkan gambar jill valentine yang sedang megang pistol ama dibelakangnya ada nemesis dengan suasana malam mencekam, udah warna tulisannya juga item,dan infokus di sma saya juga tidak terlalu bagus, jadinya sama ajah saya kasih tau audience tuh gambar resident evil ajah.

Guru kimia saat itu juga tidak komplain, jadi nya sah sah ajah dah, saya senang, guru senang, dan audience gak dapet apa apa tentang materi korosi tetapi mendapatkan ilmu bahwa jill valentine akan menghadapi nemesis di resident evil 3. Ckckck sangat tragis. Kalo saya ketemu doraemon, saya minta mesin waktu dan ganti presentasi saya dengan templates yang biasa biasa ajah dah.

Agar kesalahan saya ini tidak terjadi pada siswa dan mahasiswa dan instansi terkait saya coba memberikan materi melalui blog saya tercinta ini yakni , “MEMBUAT PRESENTASI YANG BAIK DAN BENAR”, yang dimaksudkan sebagai bahan pertimbangan untuk anda yang akan melalukan presentasi dan bisa jadi membantu anda, berikut tips tips nya.

Yang pertama itu tuh, kita kudu tau tujuan dari presentasi. Yah, apa tujuan utama dari presentasi?

Yakni menyampaikan pesan terhadap penyimak. Pesan itu bisa berupa apapun, baik informasi informasi, seperti menceritakan bagaimana kronologi dari peristiwa ulet bulu menjadi kupu kupu kisah-kisah cinta kakek anda waktu bujang, ato perjalanan hidup kucing codet didepan gang rumah anda. Ato apapun yang  telah diketahui dengan baik oleh orang yang melakukan presentasi tetapi tidak terlalu dimengerti oleh si penyimak,jadi jika anda melakukan presentasi, pusatkan pikiran anda bahwa anda-lah  yang paling cerdas tentang hal yang ada di slide anda, anda yang buat, bahkan jangan berfikir bahwa guru/dosen anda lebih tau tentang itu. (coba bayangin, kalo dosen/guru pun menempatkan dirinya menjadi sekedar penyimak, beliau pun tidak akan tau isi dari slide berikutnya yang anda tampilkan, jadi hanya anda-lah yang tau, bersyukurlah anda menjadi orang yang paling tau saat itu!)

Yang kedua adalah gunakan kata kata baku, dan tata ejaan EYD. Yang satu ini sebenarnya tergantung situasi dan kondisi anda melakukan presentasi, tetapi demi berlangsungnya pembelajaran bahasa Indonesia, kita kudu menggunakan kata kata yang sesuai dengan EYD. Yah, apapun EYDnya, janganlah buat presentasi dengan menggunakan kata-kata kayak di blog ini. Yang udah jelas jelas jauh dari EYD  nya,hehe

Yang ketiga ini yang cukup penting, setidaknya menurut saya, nah bila anda sudah membaca kisah saya tentang kasus resident evil dan korosi. Anda akan mengerti point ke-3 ini. Yakni gunakanlah tampilan yang menyatu dengan materi. Dan gunakanlah background yang tidak mengganggu teks anda . seperti kisah saya itu.akan lebih baik jika menggunakan background yang tipis dan kalau bisa ada unsur besi ato apa gitu yang dapat menimbulkan korosi ato sejenisnya. Atau kalo susah, gunakan ajah templates yang standar yang dikasih ama M.office nya itu juga udah cukup, andaikata anda benar benar ingin pakai background aturlah background tersebut dengan cara berikut (powerpoint office 2007) nih, format background kan udah pake gambar yang picture or texture fill. Pakelah transparency nya diatas 50 % sehingga gambarnya terlihat lebih tipis, namun masih dapat dilihat.

Namun, didalam pemilihan background ini kudu sesuai dengan materi yang kita gunakan, jangan sekali kali mengambil gambar resident evil untuk presentasi kimia, dan gambar miyabi untuk presentasi biologi. Dan background ini dapat buat orang gak focus pada materi yang kita sampaikan, dan malah terpaku sama background yang anda sajikan,kecuali untuk gambar gambar pendukung, ataupun grafik, itu harus jelas, dan kita bertanggung jawab didalam menyampaikannya agar penyimak menjadi jelas juga.

Selanjutnya itu, adalah apabila terjadi. Bahwa anda presentasi tidak sendirian tetapi bersama sama orang lain, yang disebut dengan kelompok. Lakukanlah presentasi kelompok tersebut dengan kompak, tidak ada diskusi didepan panggung atau yang paling ekstrim itu berantem dan ngambek ngambekan antara kelompok, bagaimana penyimak mendapatkan materi yang diperlukan didalam presentasi, bila sang kelompok penyaji saja tidak menyajikan materi dengan baik? Buatlah kelompok yang kompak, dan andaikata ada kesalahan, tutupilah itu bareng bareng, anggep ajah bener dulu (inget, anda paling pintar dalam presentasi ini), tapi kalo dosen ato gurunya udah bertindak (bukan berarti beliau paling benar, tapi beliau hanya lebih berkuasa, tidak seperti penyimak biasa yang ia ia ajah), menyerahlah bersama-sama dengan muka memelas berharapkan pengampunan dari si guru/dosen.dan apabila ada orang-orang autis di antara penyimak yang memberikan pertannyaan yang sulit dijawab untuk kelompok anda, jawablah bersama sama, secara samber-samberan, maksudnya jika si A hanya dapat menjawab sedikit pertannyaan itu, si B harusnya ikut tambahin, dan si C juga ikutan, nah gitu dah, kayak contohnya itu ada orang Tanya, “bagaimana cara membuat mi instan yang enak?” nah, si A jawab ajah “dimasak menggunakan air dan masukan mi instannya!!!”, si B dengan tiba-tiba ikutan,”jangan lupa, bumbu merupakan faktor yang penting dalam pembuatan mi instan , jangan  lupa tuangkan bumbu! Mana mungkin mi instan dibilang enak kalo tidak diberi bumbu???” nah sebelum si pe-nanya ini sempat menjawab. Si C  itu ikut ikutan,” ingat, hanya butuh 3 menit untuk memasaknya dengan air mendidih, kalau lebih dari 10 menit, saya jamin mie instan itu tak akan enak!!!!” . nah tinggal serangan akhir, saya menyarankan kelompok anda yang berperan sebagai si D ini merupakan orang berotot besar namun kemayu. Si D tinggal berkata, “saya jamin, Benar benar akan membuat seseorang tidak akan merasakan mie instan yang enak apabila tangan orang tersebut dimasak sekaligus dengan mi instannya. Anda mau coba? Bagaimana, apakah anda puas dengan jawaban dari kelompok kami? Atau anda ingin mencoba mie instan tangan rebus?” nah, si p e-nanya ini tak akan berkutik, atau jika beliau bernyali besar untuk berkata,”ia ,maaf saya butuh yang lebih spesifik sepertinya…” kita tinggal biarkanlah si D melakukan sisa pekerjaannya, dan siap siaplah nyobain mie instan tangan rebus.🙂

Yang cukup penting berikutnya ialah, janganlah hanya membaca slide ! penyimak juga dapat melakukan itu,bung! . oleh sebab itu, janganlah Cuma baca baca slide yang udah anda buat. Tapi slide yang kita buat, izinkanlah si audience membacanya, anda tinggal memuat ulasan tentang side tersebut.dan ringkasan nya. Misalkan slidenya bertuliskan “ sapi dapat memproduksi susu lebih banyak apabila saat memerasnya si sapi tersebut didengarkan suara musik” dan gambar sapi yang lagi pake heatset. Nah anda bukannya ,membaca lagi slide itu. Namun, kita ceritakan bahwa sapi selain suka music klasik, dia juga suka lagu-lagu maroon5 dan produksi susu berkurang apabila terdengar music dari k@n63n b4nd (mohon maaf bila band disebutkan, ini hanya ilustrasi) ato sapi menghasilkan susu yang lebih manis bila mendengar lagu lagu cinta. Ato susu sedikit berasa coklat bila diiringin lagu bob marley?

Anda jelaskan saja seputar yang ada di slide, namun jangan baca 100% précis yang ada di slide tersebut. Penyimak juga dapat melakukannya,bung!

 

Ok deh sepertinya sekian ajah posting blog saya kali ini, kalau berkenan silakan di komen, semoga sedikit bermamfaat yah. Terima kasih telah membaca, kehadiran anda di blog saya merupakan motivasi terbesar saya untuk terus melanjutkan tulisan saya.

 

Comments
  1. arina hasanah says:

    Makasih🙂 ini bermanfaat bangett..😀
    Oya, udah dicoba mie instan tangan rebusnya?😀

Leave a Reply

