Pondasi Dangkal 1 ” the begining “

Posted: March 7, 2011 in My Study

Kembali mengisi blog ini seperti biasa, saya kali ini membahas tentang pelajaran kuliah yang baru saya dapatkan beberapa saat yang lalu, demi mengisi kembali pengunjung blog saya yang berada di grafik penurunan seperti performa Manchester United. Kali ini saya membahas hal yang baru yakni teknik pondasi dangkal. diajarkan bahwa Yang paling penting didalam penentuan pondasi dangkal yakni penentuan jenis tanah.(sebenarnya ada yang lebih penting lagi, yakni ada tanah yang mau dibangun dan ada juga dana buat bikin pondasinya) dan yang harus kita ketahui terlebih dahulu adalah karakteristik dari si tanah itu dengan melalui beberapa tes, kayak sondir, konsolidasi dan kawan2 nya (ibaratnya kalo kita mau sewa kontrakan, kita harus tau kontrakan itu kayak gimana, lingkungannya gimana, tempatnya gimana, dll). Dengan melalui uji lapangan dan juga uji laboratorium. Anda tau mengapa? Sebab tanah lah merupakan dasar dalam suatu bangunan. Jadinya dengan dasar yang baik. Kita dapat menjamin bahwa bangunan ini dapat digunakan dengan baik pula (maksudnya struktur bangunannya, bukan penggunaan dari aplikasi bangunannya, kalo aplikasinya bukan tanggung jawab si perancang, kayak contohnya gedung tempat si miyabi,rin sakuragi dkk syuting video aneh2, bukan berarti mereka menggunakan pondasi yang tidak baik. Pondasinya baik, namun penggunaannya kurang baik.ckckck). Yang perlu kita ketahui lainnya adalah beban yang bekerja dari kolom kolomnya. Kan balok menyalurkan beban ke si kolom. Dan baru akhirnya si kolom menyalurkan bebannya ke si tanah.kita kudu bisa ngatur si beban yang bekerja tersebut agar masih bisa diterima oleh si tanah.biar kagak turun melebihi ketentuan yang sudah dibuat sebelomnya, Alirannya kayak gambar di samping yah. Kalo si tanah itu kagak bisa nahan beban, tanah akan kolapse atau runtuh. Yang bahaya juga itu kalo pondasi itu Cuma turun sebelah. Yah ia lah, kayak buat meja ajah kalo kaki kakinya gak sama panjang itu bakal ga seimbang dan goyang goyang, begitu juga bangunan. Didalam pondasi ini ada istilahnya differential settlement.

Ini ada kaitan yang bernama Soil foundation interaction yang berarti interaksi didalam pondasi dengan tanahnya yang terjalin akibat beban yang mendorong tanah dan pondasi semakin masuk kedalam tanah. Si pondasi ini mempunyai beberapa criteria, yakni si pondasi itu kudu mempunyai penurunan semaksimal mungkin itu adalah 10 % dari lebarnya. Kalo udah melebihi 10 %,meskipun gedungnya masih bediri tegap, tapi udah bisa dibilang runtuh. Dan daya dukung izin nya terpenuhi. Dan qkerja < qizin

qizin itu merupakan hasil pembagian dari qultimate : dengan faktor keamanan. Nah di Indonesia ini, faktor keamanan nya adalah sebesar 3. Tapi andakata kagak mau 3 ato kalo lagi emosi sama angka 3 bisa menggunakan angka lainnya, dengan syarat kudu lebih dari 3 yah.

Untuk menyiasati kalo tanah di tempat dibangunnya konstruksi itu merupakan tanah lunak, kayak di daerah Kalimantan,kita bisa siasati dengan alat mutahir dan canggih yang bernama cerucuk (gubrak… dari namanya saya pikir pertama kali itu sejenis burung ato entok gitu) nah, si cerucuk ini sebenernya sama kayak pondasi dangkal biasa,namun dimodif untuk ada dolkennya, yang pada umumnya itu berdiameter sebesar 8-10 cm. punya panjang biasanya sebesar 3-4 m. dan jarak nya itu antara 3 kali dari diameter si dolkennya. Gosipnya si cerucuk ini terbuat dari kayu ulin. Kenapa kayu ulin? Karena kuat. Kayu ini bakal kuat selama si kayu diairi (oleh air tanah). Namun saat musim kemarau dan air tanah berkurang. Kayu akan kering, dan pelapukanpun akan segera berlangsung.

Yang perlu diperhitungkan juga didalam pembuatan pondasi ini adalah soil expansive. Yakni pengembangan tanah yang juga dapat mengakibatkan kekacauan didalam pembuatan pondasi. Hal ini disebabkan oleh tanah yang mengandung mineral minorit. Bikin pondasi naek ke atas. Contohnya itu kasus di lippo cikarang tuh. Maka dari itu diperlukan pengamatan yang segnifikan didalam pembuatan pondasi. Oke itungannya saya taro di part2 nya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s