Baja sebagai bahan struktur bangunan

Posted: May 24, 2011 in My Study

Yah, bias dibilang bahan bangunan ini adalah bahan bangunan paling modern saat ini, sampai proyek saya kelak yang akan membuat bahan bangunan baru. Yakni belly (beton jelly) yang saya sudah pikirkan selama saya masuk kuliah teknik sipil, yakni paduan agregat kasar, halus,semen dan bahan pembuat gel. Yang membuat suatu bentuk struktur paling tahan gempa dan juga kuat di tarik dan tekannya, meskipun ada kendala, yakni saat ini belom ada tuh yang namanya bahan gel yang dapat menyatu sempurna degan bahan bahan pembuat beton lainnya. Udah lah gak penting, ntar ajah, kalo ada bahan bangunan kayak gini beredar, berarti anda tahu siapa pemilik hak cipta nya..

Kembali ke struktur baja yah. Bahan bangunan yang mempunyai kekuatan tarik yang bener bener tinggi, bias dibilang sangat tinggi, dan kekuatan tekan yang “cukup tinggi” bakan ada yang sampe sampe 2000 MPa.

Nah, si baja ini punya kelebihan kelebihan nih dia, yaitu:

  1. tampangnya yang relative lebih kecil dan ramping . yah, bandingin ajah ama beton kalo gak percaya, kalo ibaratnya si baja ini aura kasih yah beton tuh si pretty asmara lah.
  2. Kagak berat berat amat,jadinya berat struktur jadi lebih ringan, kayak teori pretty asmara diatas,gak mungkin kan berat si aura kasih itu lebih dari berat pretty asmara?
  3. Dari segi biaya lah lebih hemat. Sebab beton didalam pembuatannya kudu pake pecampuran juga, pake aneh2 juga, tapi si baja itu Cuma butuh, bahan baja itu sendiri, peralatan penyambung/penyusun ama tukang yang buat.dan yang dibutuhkannya pun pasti lebih dikit dari pada si beton ntu. Ibaratnya kalo pacaran ama si pretty asmara itu pasti lebih boros kalo di restorannya dari pada makan malam ama aura kasih.
  4. Si baja ini buatannya pabrik, jadinya bahannya homogen, dan mutu dapat di pertanggung jawabkan bukannya terima jual terima kasih. Tapi bisa dituker kalo rusak, sama kalo beli dvd di glodok.
  5. Dapat digunakan berulang ulang. Bisa dibilang reusable, misalnya kalo pindahan nih, terus kuda kuda atap kita bisa juga kita bawa, bisa dibongkar, terus pasang lagi di rumah baru, kagak kayak kayu, kalo pindahan pasti udah pada rusak, kalo dipindahin, kena ujan dikit, dia rusak, kena panas dikit dia jadi rapuk. Makanya gak kayak si baja ini.

Namun, si baja ini pun punya beberapa kekurangan diantaranya itu:

  1. Si beton ini sifatnya manja. Seperti perlu di cat lah, pokoknya perawatan penting didalam baja ini.
  2. Lemah pada temperatur tinggi, maka dari itu saya tidak menyarankan kepada anda untuk berlindung dibawah tumpukan baja pada saat kebakaran .karena ada penjelasan  ”bila terjadi kebakaran struktur bisa runtuh meskipun tegangan yang terjadi masih rendah”
  3. Bahaya tekuk mudah terjadi pada batang yang langsing.

Si baja ini seperti bahan material lainnya bakal diperlukan tapi nilai E baja ini udah ada orang orang terpelajar diatas kita beberapa tahun ato puluhan taon lalu udah menetapkan nih. Kalo PPBBI memberikan nilai E sebesar 210 GPa. Kalo BS kasih nilai E sebesar 205 GPa. Kalo si AISC malah kasih nilai yang lebih kecil lagi Cuma sebesar 200 GPa.

Terus kalo modulus geser itu rumusnya juga gampang, G=(E/(2(1+nisbah poisson) . Nah tapi nilai nya nisbah poisson nya udah ditentuin coba yakni sebesar 0.3, jadinya hasil G itu gak akan jauh jauh dari 80 GPA an (jadinya 80.000 MPA yah) , tergantung selera anda menggunakan PPBI, BS maupun si ISC.

Oke dah, saya rasa hari ini cukup sekian dulu, udah tepar nih, thanks udah baca, dan semoga bermamfaat, mohon maaf untuk pretty asmara dan aura kasih, saya tidak bermaksud menyinggung atau sejenisnya. Harap komen yah, kita saling share ilmu🙂 oke. Have a nice day

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s