Wilayah gempa Indonesia

Posted: January 23, 2012 in Uncategorized

Mengisi kembali blog yang kukasihi dengan materi “sedikit” berkualitas, dalam tulisan saya kali ini saya akan mengajak anda memahami lebih “ sedikit” dalam tentang gempa.  Khususnya di ibu pertiwi Indonesia ini.

Beban gempa itu sendiri merupakan seluruh pencakupan beban statis ekuivalen yang bekerja pada gedung yang menirukan pengaruh gerakan tanah akibat gempa.

Indonesia merupakan Negara yang kaya, disamping sumber daya yang sangat besar, Indonesia juga kaya akan zona gempa. Bayangkan saja, Indonesia memiliki  6 zona gempa didalam 1 negara, dimana penamaan zona gempa tersebut diberi urutan 1 sampe 6, yang berarti wilayah gempa 1 adalah wilayah dengan kegempaan paling rendah, yang bisa dibilang aman. Dan wilayah gempa 6 memiliki kegempaan paling besar. Bisa dilihat melalui peta Negara kita.

Itu yang warna merah merupakan daerah zona gempa 6. Sangat berbahaya dengan intensitas gempa yang besar dan persentase kemungkinan gempa berikutnya juga besar. Oleh sebab itu, bila punya sodara di daerah wilayah gempa zona 6. Mending sekarang di sms, bilangin kalo kita punya salah tolong maafin.🙂 dan daerah yang palin aman di Indonesia ini adalah pulau Kalimantan, zona gempa 1, bisa dibilang sangat aman, saya mendedikasikan Kalimantan sebagai daerah paling aman terhadap gempa di Indonesia. Dan daerah lainnya dapat dilihat di gambar.

Dan gambar disamping merupakan penentuan nilai c dan t yang disebut spectrum gempa rencana. Bisa dilihat bahwa semakin tinggi wilayah gempanya semakin besar pula nilai dari c. yang membuat semakin perlunya pula si kontraktor membuat gedung yang memiliki struktur yang kuat.

 

Oke dah, sepertinya cukup sekian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat yah.. terima kasih sudah membaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s