jenis jenis kapal

Posted: January 24, 2012 in My Study

Tetap mengisi blog tercinta ini. Dengan sajian yang bermutu. Kali ini dalam tulisan saya saya akan membahas tentang materi perencanaan pelabuhan laut, yah saya fokuskan tentang materi pembagian jenis-jenis kapal. Jenis kapal ada beberapa, diantaranya:

  1. Kapal penumpang

Seperti dari namanya yah tujuan dibuatnya kapal ini adalah untuk menganggut penumpang, bahasa ilmiahnya, sebagai sarana transportasi laut antar pulau. Atau satu benua ke benua lainnya. Pokoknya ini adalah salah satunya kapal yang mungkin untuk dinaekin ama orang awam.

  1. Kapal barang

Merupakan kapal yang dikhususkan untuk mengangkut barang. Ukurannya besar, buat muat kontainer-kontainernya, kapal ini juga dibagi menjadi beberapa kategori nya juga. Sesuai dengan media apakah yang diangkut ama si kapal ini. Berikut penjelasannya:

  1. Kapal barang umum.

Merupakan kapal barang yang memuat peti kemas dengan kategori barang yang lazim untuk digunakan, dengan standarisasi berat masing-masing peti kemas sebesar 5-40 ton.

  1. Kapal barang curah

Merupakan kapal yang digunakan untuk mengangkut muatan curah yang dikapalkan dengan jumlah yang buanyak. Yah namnya juga curah, jadinya didistribusikan dengan jumlah yang besar. Biasanya nih kapal bawa beras, gandum, dan laen sebagainya. Punya kapasitas 175.000 DWT dan panjang 330 m, lebar 48,5 m dan sarat 18,5 m. tapi enggak semua kapalnya begitu, bisa lebih besar ato lebih kecil, tergantung besarnya muatan yang akan diangkut.

  1. Kapal tanker

Kapal ini dimaksudkan untuk mengangkut minyak. Biasanya ukurannya sangat besar. Karena daya angkutnya juga besar, beratnya itu bisa beberapa ribu ton atau bahkan ratusan ribu ton. Pokoknya fungsinya bawa minyak bumi, bisa ngangkut minyak tanah, minyak sayur, ato bawa bensin.

  1. Kapal khusus

Kapal yang dimaksudkan untuk mengangkut barang tertentu, seperti halnya kapal ini menganggkut daging, kan dagingnya kudu dalam keadaan beku. Makanya kapalnya kudu khusus, bisa juga bawa gas cair ato sebagainye.

2. Kapal induk

Kalo kapal ini lebih expert levelnya ini. Biasanya digunakan untuk keperluan militer. Nah, kalo Indonesia, kita belo punya jenis kapal satu ini. Kapal ini dipunyai oleh amerika dan sekutu.

Okelah sampe sini dulu yah penjelasan saya kali ini, semoga bermanfaat yah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s