jenis jenis pelabuhan

Posted: January 24, 2012 in My Study

2012, saya berusaha  sekuat tenaga untuk membuat blog ini menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya yang hanya saya isi ala kadarnya.

Dalam tulisan saya kali ini, saya akan membahas tentang jenis jenis pelabuhan. Yang dibahas dalam mata kuliah perencanaan pelabuhan laut, bidang study teknik sipil pada semester 8.

Apakah yang dimaksud pelabuhan?
jawaban anak-anak : tempat kapal,bang! (jawaban ini benar)

Jawaban abang angkot : same ajeh kaye terminal jang kalo buat angkot, tempat kapal ngetem cari penumpang gitu (jawaban ini juga tidak salah)

Jawaban dari seorang professional dibidang teknik sipil : pelabuhan atau port merupakan tempat kapal berlabuh dengan membuang sauh atau jangkar, pelabuhan yang modern cukup dilengkapi dengan los-los dan gudang-gudang besar serta pangkalan dok dan keran yang kuat untuk membongkar dan memuat perbekalan, penumpang dan hasil bumi. (jawaban ini benar tapi terlalu lebay)

Dan kesimpulan dari ketiga jawaban itu ialah: tempat naro kapal. Mau kapalnya nurunin orang, mau mandiin sapi doang, yah bodo amat. Yang penting tempat yang ada kapal menepi dengan segala maksud dan tujuan, itualh yang disebut pelabuhan.

Pelabuhan ini punya buanyak jenisnya, jenis tersebut dibagi berdasarkan sudut tinjauannya,

Mari kita bahas satu persatu.

  1. Yang pertama ditinjau dari segi penyelenggaraanya, pelabuhan dibagi menjadi:
    1. Pelabuhan umum

Pelabuhan yang disediakan untuk kepentingan pelayanan masyarakat.

  1. Pelabuhan khusus

Pelabuhan yang berlawanan dengan pelabuhan umum, nah pelabuhan ini hanya digunakan untuk kepentingan sendiri, tidak buat umum, kecuali dapet ijin dari penerintah. Jadinya gak semua orang dapat menggunakan pelabuhan ini.

  1. Jika ditinjau dari segi pengusahaannya, pelabuhan dibagi menjadi:
    1. Pelabuhan yang diusahakan

Pelabuhan ini ditandai dengan tersedianya fasilitas yang diperlukan oleh kapal yang memasuki pelabuhan untuk melakukan kegiatan bongkar muat barang, naek turuni penumpang, ama kegiatan lainnya.

  1. Pelabuhan yang tidak diusahakan.

Pelabuhan ini menurut saya agak aneh, mengapa aneh? Sebab pelabuhan macam apakah yang tidak ada fasilitas untuk bea cukai, buat bongkar dan laen sebagainya. Pokoknya Cuma buat tempat singgah kapal ato perahu doang. Pelabuhan ini gosipnya di subsidi oleh pemerintah dan dikelola oleh unit pelaksana teknis direktorat jendral perhubungan laut.

  1. Kalo ditinjau dari fungsinya dalam perdagangan nasional dan internasional pelabuhan dibagi menjadi:
    1. Pelabuhan laut

Pelabuhan ini, kapal-kapal asing yang berciri khas dengan menyertakan bendera Negara asalnya pada salah satu sisi kapal bebas untuk memasuki daerah pelabuhan dan berlabuh serta berbongkar muat. Pelabuhan ini berukuran besar dan ramai dikunjungi oleh kappa-kapal samudra.

  1. Pelabuhan pantai

Pelabuhan ini Cuma bisa dimasukin ama kapal-kapal lokal ajah, kalo andaikata ada kapal asing yang ikut berlabuh di pelabuhan pantai ini memerlukan izin terlebih dahulu sebelum dapat berlabuh dan berbongkar muat.

  1. Pada poin ke-4 ini, kita akan membahas pelabuhan yang dibagi berdasarkan segi penggunaannya, adalah sebagai berikut:
    1. Pelabuhan ikan

Yah berdasarkan namanya pelabuhan ini yah digunakan untuk tempat para nelayan membongkar hasil tangkapannye. Pelabuhan ini tidak memerlukan kedalaman air yang besar. Yah karena yang menepi Cuma kapal-kapal kecil punya nelayan, properti yang biasanya tersedia pada pelabuhan ikan ini adalah pasar lelang, gudang es, persediaan bbm dan tempat perawatan alat penangkap ikan. Kalo lebih lengkap lagi, kudu ada rumah petani, kan kesian kalo rumahnya jauh. Tempat pembuatan garam ( biasanya kan kalo suaminya nelayan, istrinya pasti petani garam) tempat pembuatan ikan asin, tempat buat kerajinan kerang, dll dah.

  1. Pelabuhan minyak

Syarat pelabuhan ini adanya jembatan perancah atau tambatan yang besar untuk sarana penyimpanan minyak tersebut. Terus terang saya agak ragu dengan maksud pelabuhan minyak ini, apakah merupakan tempat untuk kapal-kapal besar mengisi bahan bakar atau tempat untuk menyalurkan hasil penggalian minyak bumi didalam laut. Yah atau mungkin keduanya.

  1. Pelabuhan barang

Pelabuhan ini merupakan pelabuhan yang tergolong dalam pelabuhan besar. Yang digunakan untuk bongkar muat barang skala besar seperti kontainer-kontainer.

  1. Pelabuhan  penumpang

Seperti namanya, sudah jelas bahwa pelabuhan ini dikhususkan untuk kapal-kapal pengangkut penumpang dalam memfasilitasi transportasi penumpang antar pulau. Dibutuhkan stasiun penumpang, kantor imigrasi, duane, keamanan, direksi pelabuhan dan kawan-kawan.

  1. Pelabuhan campuran

Pelabuhan yang memiliki fungsi lebih dari 1. Pemakaiannya pada umumnya penyatuan untuk penumpang dan barang. Atau kombinasi dari beberapa fungsi lainnya.

  1. Pelabuhan militer

Yah pokoknya pelabuhan ini bukan tempat untuk orang iseng, dikhususkan untuk tempat berlabuhnya kapal-kapal perang dan letak bangunan pelabuhan ini terpisah dari bangunan publik.

  1. Pelabuhan yang ditinjau dari letak geografisnya, dibagi menjadi:
    1. Pelabuhan alam

Merupakan daerah perairan yang terlindungi dari badai dan gelombang tinggi. Misalnya karena ada pulau, jazirah atau letaknya ada diteluk, estuari dan muara sungai. Contohnya tuh ada di cilacap katanya, tapi saya sendiri belom tau tuh gimana bentuknya.

  1. Pelabuhan buatan

Pelabuhan yang dimana daerah sekitar pelabuhan dibuat kawasan defending yang bertujuan melindungi pelabuhan utama dari pengaruh gelombang, contohnya pake bangunan pemecah gelombang gtu.

  1. Pelabuhan semi alam

Yah intinya campuran dari pelabuhan alam dan pelabuhan buatan dah. Bisa dipahami sendiri

Oke lah berhubung udah stress nih nulisnya. Saya cukupkan pada jenis-jenis pelabuhan ajah. Saya mau ucapkan terima kasih pada debby tanamal atas file ppt nya yang memberikan banyak masukan pada tulisan saya kali ini, bila anda para pembaca menginginkan ppt tentang pendahuluan pelabuhan laut. Tulis ajah email saudara pada koment dibawah, nanti saya 100% akan kirimkan ke anda.

Oke terimakasih telah membaca blog saya, semoga ada manfaat dari blog ini.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s